Membuat MP3 Player dengan Java

Selamat pagi teman – teman.Pada posting kali ini saya akan memberikan tutorial membuat MP3 Player dengan Java.Nah,kemarin waktu saya membuat program ini dibuat bingung sampai pusing keliling monas….. :).Kenapa? karena aplikasi ini sewaktu saya compile dan run tidak ada error.Tetapi kebingungan melanda ketika musik dengan format MP3 saya putar.Dan hasilnya ada keterangan MP3 tidak dapat diputar dengan error PlaybackEngine…..bla bla bla.Padahal semua plugin untuk memutar musik sudah saya masukkan ke dalam Libraries project.Nah,akhirnya saya tanya ke mbah Google yang sudah berpengalaman di dunia internet.Akhirnya saya menemukan beberapa blog yang membahas tentang error JMF di Linux(Ubuntu).Menurut beberapa forum JMF tidak begitu support dengan Linux(Ubuntu).Waduuh…. 😦 .Tapi ternyata ada alternatif lain pengganti JMF.Hah,akhirnya.Alternatifnya adalah JLayer.JLayer mempunyai fungsi yang sama dengan JMF(Java Media Framework)JLayer dapat anda download disini http://www.javazoom.net/javalayer/sources.html.Pada tutorial ini saya menggunakan IDE Eclipse.Untuk menambahkan plugin JLayer ke Project,dengan cara klik kanan nama project –> Build Path–>Add External Archives dan arahkan ke file jl1.0.1.jar.Selesai.Mungkin teman – teman yang mempunyai info JMF di Linux bisa memberikan pendapatnya di kolom komentar.Listing program MP3 Player dapat anda download via gist.github di sini https://gist.github.com/2372485

Berikut tampilan aplikasinya

MP3 Player suka suka

Buka file MP3

Putar Music

Aplikasi yang saya buat ini masih sederhana.Masih dalam proses pengembangan.Jadi bagi teman – teman yang tertarik dapat mendownload code programnya dan dapat mengembangkannya.

Semoga bermanfaat…. 🙂

16 respons untuk ‘Membuat MP3 Player dengan Java

    1. Belajar Java dasar dan OOP dulu.Kalau sudah bisa dilanjutkan ke Java Swing.Memang tidak singkat belajar Java,tapi kalau sudah bisa Java itu asyik lho…. 🙂

      1. mantap deh, heheh. 🙂
        saya mau belajar om tapi blom begitu paham, kira” ada video tutorial-nya ndak om ?

Tinggalkan komentar