[Swing + iReport] Mencetak Laporan dengan Parameter Tanggal

wall

Kemarin ada pertanyaan dari teman saya. Bagaimana cara mencetak laporan per periode dengan menggunakan parameter tanggal ? . Nah, kali ini saya memberikan tutorial mencetak laporan dengan menggunakan parameter tanggal. Pertama buat dahulu database beserta tabelnya. Seperti ini contohnya

Screenshot from 2013-11-07 07:42:09

Screenshot from 2013-11-07 07:27:33

Selanjutnya buat desain laporannya dengan menggunakan iReport. Kemudian buat 2 parameter, contohnya parameter tglPesan dan tglTerima.

Screenshot from 2013-11-07 07:06:41

Selanjutnya drag and drop 2 parameter tersebut di dalam reportnya

Screenshot from 2013-11-07 07:06:56

Lalu edit pada syntax query mysql di iReport menjadi seperti berikut ini

Screenshot from 2013-11-07 07:14:31

2 parameter tadi digunakan untuk mencetak tanggal antara tanggal pertama dengan tanggal kedua yang nanti akan dipilih dengan menggunakan komponen JCalendar.

Pada code Javanya, tambahkan code berikut pada aksi button cetaknya

Screenshot from 2013-11-07 07:44:33

hash.put(“tglPesan”,cbTglPesan.getSelectedItem());
hash.put(“tglTerima”,cbTglTerima.getSelectedItem());

tglPesan dan tglTerima tersebut berasal dari parameter iReport. sedangkan cbTglPesan dan cbTglTerima adalah Combo JCalendarnya.

Download Program

archive-manager

Download Program + Database : Cetak Periode dengan iReport

Screenshot

Screenshot from 2013-11-07 07:28:43

Screenshot from 2013-11-07 07:29:35

Screenshot from 2013-11-07 07:29:45

Screenshot from 2013-11-07 07:29:59

Screenshot from 2013-11-07 07:30:15

Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat🙂

Untuk pertanyaan, saran dan kritik, silahkan ditulis di kolom komentar

29 thoughts on “[Swing + iReport] Mencetak Laporan dengan Parameter Tanggal

  1. Oh, ternyata agan pakai Eclipse ya?…🙂
    Kebetulan saya pakai Netbeans 8.0.2+Ubuntu 14.04 gan. Kok susah ya gan? Apa sudah tidak di support oleh iReport?… (Pluggin terakhir untuk netbeans 7.4).

  2. gan, mau tanya dong. Saya ada masalah dengan hasil cetak pada ireport nya. Masalah pada penggunaan tanggal dalam versi bahasa indonesia. Jadi yang tampil di cetak saya, adalah misalkan Thursday, 23 April 2015. Saya menggunakan current date pada template di ireport. Saya maunya semua tampilan dalam bahasa indonesia. Yaitu, Kamis, 23 April 2015. Bagaimana caranya ya? Saya sudah coba di pengaturan windowsnya dan pengaturan di ireport menjadi bahasa indonesia. Tapi hasil cetaknya masih tetap sama. Mohon pencerahannya gan….

  3. Gan saya mw tanya nih, knp hasil report saya error ya
    “Java.lang.NoClassDefFoundError: org/apache/commons/logging/LogFactory”
    Itu knp ya, mohon pencerahannya….

  4. Gan numpang tanya klo misalkan pas udah di Run muncul kya gini “java.lang.String cannot be cast to java.util.Date”
    itu maksudnya apa ya,??

  5. Gan numpang tanya kalo udah di Run trus ada tulisan kya gini”java.lang.String cannot be cast to java.util.Date” itu maksudnya apa ya,??

  6. Mas, ada tempat lain ga yah untuk downloadnya, krn copy.com lagi perbaikan dari 1 may 2016, ohiya, sekalian, itu yang di hash.put(“tglPesan”,cbTglPesan.getSelectedItem()); getselecteditem ga ada, adanya getselecteddate ?

  7. Selamat pagi mas, semoga anda dan keluarga sehat sll.

    Sy mau sharing mengenai kasus parameter tgl sesuai ttral, sebelumnya sy buat des. kasus tabel sbb:
    ==============================
    ID NAMA TTL ALAMAT
    ==============================
    1 RONALDO 01/02/1991 SOLO
    2 MESSI 09/05/1991 JAKARTA
    3 AGUERO 28/09/1991 MAKASAR

    Nah dalam kasus ini, kenapa ktk saya membuat 2 parameter tgl awal dan akhir ketika saya preview di jasper misal tgl awal 01/02/1991 sampe dgn 10/02/1991

    yang muncul RONALDO dan MESSI ? karena harusnya MESSI tidak termasuk sbb memiliki bln lahir 5, kenapa y mas ?mohon bantuan, terimakasih

      1. Barusan saya sharing juga ke group FB, type data di tabel db saya keknya Varchar (bukan date) itu ngaruh ya, meskipun sudah format “dd/MM/yyyy” ? mungkin kah faktor tsb ?
        saya blm cb karena sdg tdk buka laptop.

        oh..iya mas. saya mengagumi tampilang swing yg mempesona itu, btw pake librari atau gimana y ?

  8. Luar biasa mas, mantep banget. hehe…
    Terakhir mas (semoga nga bosen😀 ), gini mas saya ada paguyuban sosial, dimana setiap anggota mewajibkan iuran contoh 1,000 stp bulan tp wajib, artinya kalo pun 8 bln, 12 bln blm iuran akan di tagih.

    nah, disini dalam jasper saya kan udah ketemu tempo tadi dr tutor mas.
    Ambil contoh misal tempo 1 thn kan 01-01-2015 s/d 01-01-2016 sama dgn 12 bln.
    nah tempo tadi mau di jadiin acuan 12 bulannya itu / sudah berapa iuran anggota yg bayar, nnt kan ketemu Tunggakan tiap anggota.
    kalo misal anggota udah 6 kali iuran, brati 12-6 tunggakan anggota dr 1 tahun tadi berti 6 X nnt tingal kalikan sj dgn 1,000 pokok iuran tadi.
    yang mau saya tanya, untuk mendapatkan selisih Bulan dr tempo yg kt dapat tadi gimana ya dalam Jasper (menggunakan variabel/text field sy nga tau) itu gimana y mas ? inti nya, tempo/parameter tgl yg kita buat td keluarkan ‘berapa bulan sih’, gitu nya mas..mohon banget bantuannya y mas, udah kemana-kmna kl jasper report nga ktm, pusing.hehe

    1. sepertinya bgt mas…jd kudu bkn 2 jasper (yg 1 desain untuj semua dt, dan yg 1 nya lg desain bt periode tgl)

      tp kl programer handal mngkn ad car a lain, sy blm tau. mas adminnya mngkn bs ksh penjelasan kl g ssuai dgn saya.hehe..

Tinggalkan Balasan

